Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Menghubungkan Internet ke Mikrotik

Cara Menghubungkan Internet ke Mikrotik

Cara Menghubungkan Internet ke Mikrotik - Router khususnya Mikrotik memegang peranan penting jika Mikrotik dipasang di dalam suatu jaringan, misalnya Anda ingin memasang Mikrotik sebagai gateway agar perangkat yang masuk ke dalam jaringan dapat terkoneksi ke internet (publik), karena dalam banyak kasus memang demikian. menemukan bahwa Mikrotik adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan privat (lokal) dengan jaringan publik (internet).

Mikrotik dirancang khusus untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan jaringan komputer. Sebut saja seperti merancang dan juga membangun sistem jaringan komputer skala kecil hingga kompleks. Saat ini, sebagian besar bisnis warnet menggunakan router proxy. Mikrotik memiliki fitur wireless yang membuat sistem operasi menjadi lebih ringan dan sederhana.

Cara setting mikrotik bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Saat ini kemungkinan penggunaan mikrotik banyak digunakan di kampus, kafe, sekolah, perkantoran, dan area publik lainnya, apalagi dengan adanya fitur hotspot. Ini mengharuskan Anda untuk masuk ke halaman browser web terlebih dahulu sebelum Anda dapat menggunakan internet. Berikut cara menghubungkan internet ke mikrotik.

Bagaimana Cara Menghubungkan Internet ke Mikrotik ?

Setelah anda selesai melakukan konfigurasi beberapa hal tersebut, selanjutnya anda bisa mengikuti cara setting proxy sebagai cara menghubungkan proxy ke internet :

Pertama, atur IP Address pada interface yang terhubung ke ISP. Kemudian, masukkan perangkat IP yang ada. Lakukan pengujian ping ke alamat IP ISP atau gateway. Caranya buka menu Terminal masuk ke mode CLI, lalu ketik PING dan IP Address.

Selanjutnya, konfigurasikan rute default dengan gateway alamat IP. Buka kembali terminal untuk menguji koneksi ke internet. Atur Server DNS ke server google, ketik alamat IP lalu centang Izinkan. Tes lagi dengan melakukan ping ke seluruh URL.

Menggunakan DHCP Client

Metode ini bisa dibilang merupakan metode yang sangat simple, hanya dengan beberapa klik saja. Hampir sama dengan menu quick set yang tersedia di mikrotik, tetapi ini versi spesifiknya. Pertama kalian buka menu IP – DHCP Client. Setelah itu klik tanda “+” dipojok kiri atas. Bisa kalian lihat di gambar untuk lebih jelasnya.

Menu Setting DHCP Client Mikrotik
Untuk menu interface, pilih interface atau port LAN mana yang terhubung dengan sumber internet. Centang semua pilihan “Use peer DNS” dan “Use Peer NTP”. Untuk pilihan “add default route” kalian pilih yes, setelah itu klik Apply lalu Ok.
Menambahkan Interface DHCP Client

Nah jika statusnya sudah “Bound”, maka mikrotik sudah terhubung sempurna ke mikrotik. Untuk lebih memastikan sudah terhubung atau belum, kita bisa cek ping ke google dengan membuka menu “New Terminal” lalu ketik seperti yang saya tampilkan di gambar. Jika ping sudah me-relpy, itu tandanya mikrotik sudah terhubung ke internet dan siap digunakan.

Terminal Mikrotik Saat Mencoba Jaringan Internet

Itulah pembahasan mengenai cara menghubungkan Internet ke mikrotik, semoga artikel ini bermanfaat.

Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Menghubungkan Internet ke Mikrotik"