Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Apa itu RT/RW Net??

Apa itu RT/RW Net??

Topik artikel kali ini saya akan membahas tentang RT/RW net. Banyak yang masih bertanya apa sih sebenarnya RT/RW net itu dan siapakah yang membuat dan yang mengelolanya?. Pada umumnya RT/RW net itu bisa berasal dari perorangan atau dari warga yang secara swadaya membuat pemancar Wifi maupun jaringan kabel untuk memberikan akses bersama, yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan memberi akses internet murah.

Pertanyaannya kenapa bisa perorangan disebut RT/RW net, bukan ISP ?. Karena awal pembentukan RT/RW net memang hanya mencakup wilayah satu RT atau satu RW saja. Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi di luar negeri pun banyak yang menggunakan konsep ini. Tetapi terkadang, walaupun namanya RT/RW net tetapi cakupan nya bisa sampai lintas desa, kecamatan, kabupaten, bahkan sampai provinsi. Kenapa tidak dinamakan Provinsi Net saja ya?

Saya sendiri pun membuka RT/RW net dirumah, dan saya yang mengelola sendiri dan saya yang pusing sendiri. Bisnis ini saya jalankan sudah sejak 2014 sampai sekarang. Katanya memberdayakan kok jadi bisnis?. Nah itu dia, bisnis terbagi menjadi dua yaitu profit dan non profit. Bisa dikatakan bisnis yang saya jalankan ini non profit karena keuntungannya tidak terlalu besar. Tapi bisa juga kok kalau bisnis ini dijadikan bisnis dengan profit besar, tergantung bagaimana kita bisa mengelolanya. Saya menggunakan server dari router mikoritk untuk mengatur lalu lintas trafik internet, ini contohnya
Tampilan Menu Mikrotik
Oke intinya dalam dunia RT/RW net, kita sendiri yang mengaturatur trafik internet atau bandwith nya menggunakan mikrotik agar tidak saling rebutan, dan kita juga bisa mengaktifkan fitur web proxy untuk memperlancar koneksi ke client. Media yang digunakan untuk akses internet adalah sinyal wifi dengan cakupan radius sesuai kebutuhan. Saya mengunakan mode hotspot, karena menurut saya hotspot is user friendly. Alat untuk pemancarnya ( Access Point) bisa menggunakan TP-link, Ubiquiti, Mikrotik, Tenda, Dll sesuai kebutuhan.

oke sampai sini saja saya membahas tentang RT/RW net, untuk penjelasan tentang Access Point, mikrotik dan fiturnya seperti web proxy dll akan saya bahas di lain kesempatan.

Terima kasih sudah susah payah membaca artikel yg morat marit ini, hehehe
Salam Routing Channel


Open Comments

Posting Komentar untuk "Apa itu RT/RW Net??"