Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Setting Jam di Mikrotik

Cara Setting Jam di Mikrotik

Setting waktu pada mikrotik agar selalu up to date sangat penting untuk dilakukan, apalagi jika listrik yang tersedia sedang tidak stabil dan sering menyebabkan mikrotik baik berupa RB maupun PC mati. Sebelum membahas cara setting jam di mikrotik, saya akan membahas mengenai fungsi dan manfaat setting jam di mikrotik.

Fungsi dan manfaat setting jam Mikrotik

Setting jam di mikrotik serig sekali di abaikan oleh para IT enginer atau admin jaringan karena secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap koneksi jaringan internet. Akan tetapi hal ini bias menjadi masalah serius saat mikrotik akan menyinkronkan uptime pengguna hotspot saat mikrotik tersebut restart. Yang terjadi saat mirkotik restart, maka waktu tersisa atau uptime pengguna hotspot akan kembali menjadi “nol”. Yang artinya ini akan bisa membuat rugi jika jaringan tersebut di komersilkan.

Jika setting jam di mikrotik di sinkronkan ke zona waktu setempat, maka hal itu tidak akan terjadi. Dan fungsi lainnya setting jam di mikrotik adalah admin jaringan bisa mengidentifikasi kapan suatu jaringan mengalami error melalui menu “log”. Dengan ini IT enginer bisa memantau juga track record jaringan di waktu tertentu dengan melihat jam yang sudah di sinskronkan.

Kualitas router mikrotik sangat bergantung pada spesifikasi komputer yang digunakan. Router dapat digunakan dalam skala kecil maupun skala besar. Jika router mikrotik yang dibuat akan digunakan untuk mengelola jaringan (network) dalam skala kecil, maka komputer dengan kualitas biasa saja sudah cukup.

Namun jika ingin membuat jaringan yang memiliki ukuran lebih besar. Anda juga harus menyiapkan komputer dengan spesifikasi yang berkualitas tinggi. Mikrotik memiliki istilah lain yaitu router OS. RouterOS berfungsi untuk mengatur dan memperlancar jaringan. Dalam menjalankan tugasnya, router OS dapat menggunakan alamat IP, ISP, Hotspot Provider, dan sebagainya.

Cara setting jam di Mikrotik

Biasanya Jam, Bulan dan Tahun pada Router Mikrotik setelah di setting kemudian Router Mikrotik dimatikan, setelah dinyalakan kembali Jam, Bulan dan Tahun pada Router Mikrotik berubah kembali menjadi Jam, Bulan dan Tahun awal (Default) . Untuk mengatasinya mari kita atur jam, bulan dan tahun di Mikrotik agar tidak berubah. Untuk menggunakannya, berikut langkah-langkahnya (pastikan RB terkoneksi internet):

  1.          Buka dan login melalui winbox
  2.          Masuk ke menu Sistem
  3.          Pilih Klien SNTP
  4.         Tandai centang atau centang kotak Aktifkan
  5.          Isikan NTP Server Primer dengan : ( lihat pada gambar )
  6.          Isikan NTP Server Sekunder dengan : ( lihat pada gambar )
  7.          Tekan tombol Apply lalu Ok
Menu Setting NTP Server Mikrotik
Secara otomatis kolom Mode yang sebelumnya diisi Broadcast akan berubah menjadi Unicast. Lalu langkah selanjutya adalah sebagai berikut :

  1.          Buka menu Sistem -> clock
  2.          Centang Time Zone Autodetect
  3.          Tekan OK untuk menyelesaikan pengaturan Jam
Menu Setting Clock Mikrotik
Buka kembali menu SNTP Client untuk melihat perubahan yang terjadi, tunggu beberapa saat hingga kolom Last Update terisi, dan lihat waktu/jam di RB sudah sinkron dengan baik. Jika tidak, ganti dengan NTP Server lain (search google).

Sekian pembahasan mengenai "Cara Setting Jam Di mIkrotik". Semoga ilmu ini bisa bermanfaat untuk kalian.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Setting Jam di Mikrotik"