Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Perbedaan Power Supply Full Modular, Semi Modular, Dan Non Modular

Perbedaan Power Supply Full Modular, Semi Modular, Dan Non Modular

Catu daya atau biasa dikenal dengan Power supply, adalah salah satu perangkat komputer yang terletak terpisah dari momtherboard . Unit power supply, berfungsi untuk memberi daya atu menyalakan perangkat komputer, yaitu, motherboard, RAM, prosesor, hard drive, kartu grafis, dan kipas pendingin. Power supply diibaratkan jantung yang memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh, mirip seperti power supply yang menurunkan voltase dan mendistribusikan daya ke seluruh komponen komputer. Power supply yang baik, akan meghasilkan performa yang baik juga untuk komputer kalian.

Performa Power Supply

Kekuatan power supply, biasanya menggunakan satuan daya WATT. Misalnya power supply hanya memiliki daya 600 WATT, maka power supply tersebut hanya mampu menyuplai tegangan maksimal hingga daya 600 watt saja bahkan bisa saja kurang, tergantung dari kualitas power supply tersebut. Saat komponen komputer menggunakan lebih banyak daya dari pada power supply, maka komponen tersebut berakibat akan cepat rusak. Jika kalian ingin merakit sebuah komputer, perlu diperhatikan berapa konsumsi keseluruhan semua daya pada komponen komputer tersebut agar tidak terjadi overload tegangan.

Untuk meghitung seberapa besar daya yang dibutuhkan komputer, kalian bisa menggunakan kalkulator penghitung daya yang banyak tersedia di internet. Karena saat komputer kalian digunakan dengan beban yang maksimal, maka seluruh perangkat komputer akan membutuhkan daya yang sangat besar. Pilihlah power supply yang minimal yang sudah bersertifikat 80+ Bronze, agar output daya yang dikeluarkan oleh power supply dikeluarkan denganmaksimal atau sesuai dengan daya yang tertera di power supply tersebut.

Jenis Power Supply

Power supply umumnya mempunyai tiga jenis yang beredar di pasaran,, yaitu Power Supply Full Modular, Power Supply Semi Modular, dan Power Supply Non Modular. Berikut akan saya jelaskan secara rinci perbedaan jenis Power Supply tersebut.

 

1. Power Supply Full Modular

Power Supply Modular

Power supply full modular ini sangat cocok digunakan untuk pengguna yang mengedepankan kerapian dalam merakit sebuah komputer. Karena di Power Supply tipe ini, semua komponen kabel terpisah dari komponen  utama. Kabel bisa dipasang secara custom atau sesuai yang dibutuhkan sehingga tidak ada sisa kabel yang tersisa menempel di unit Power Supply. Namun kekurangan Power Supply ini adalah harganya yang lebih mahal disbanding dengan jenis Power Supply lainnya, walaupun memiliki performa yang sama.

2. Power Supply Semi Modular

Power Supply Semi Modular

Hampir sama dengan Power Supply Full Modular, perbedaannya hanya di kabel output 24 Pin dan 8 pin, sudah permanen terpasang di unitnya. Tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah karena kabel tersebut memang selalu dibutuhkan untuk memberi supply listrik ke motherboard dan processor. Untuk harga, power supply ini lebih rendah dari power supply full modular tetapi lebih mahal dari power supply non modular, dengan performa yang sama. Unit ini masih cocok digunakan untuk perakit komputer yang ingin mengedapnkan kerapihan kabel dengan budget yang terbatas.

3. Power Supply Non Modular

Power Supply Non Modular

Power supply jenis ini biasa digunakan oleh perakit komputer dengan kondisi kerapihan apa adanya, karena semua kabel power dan kabel Pin terpasang secara permanen. Bagi pengguna power supply ini, perlu dilakukan penataan kebel dengan baik agar tidak mengganggu sirkulasi udara yang ada dalam casing komputer. Kelebihan dari power supply initentu saja memiliki harga yang sangat murah dibandingkan jenis power supply lainnya, walaupun memiliki performa yang sama.

Dari penjelasan diatas, perbedaan ketiga jenis power supply tersebut hanya terletak di kondisi kabel yang portable atau tidaknya. Tidak ada perbedaan performa sedikitpun dari ketiga jenis tersebut. Jika ada pertanyaan lebioh dalam mengenai power supply, silahkan tulis di kolom komentar.

Open Comments

Posting Komentar untuk "Perbedaan Power Supply Full Modular, Semi Modular, Dan Non Modular"