Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Nano Teknologi Mempengaruhi Kehidupan Kita

Cara Nano Teknologi Mempengaruhi Kehidupan Kita

Cara Nano Teknologi Mempengaruhi Kehidupan Kita - Istilah “nano teknologi” mungkin sudah umum, namun ada banyak yang tidak memahami sejauh mana dampaknya terhadap kehidupan kita sehari-hari. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampak paling luar biasa dari nano teknologi.

1. Komputer yang Lebih Cepat, Lebih Kecil, dan Lebih Bertenaga

Micro Chipset

Nano Teknologi berkontribusi pada komputer yang ringkas dan efisien yang mengonsumsi daya lebih sedikit dan menggunakan baterai yang tahan lama. Sirkuit yang terbuat dari tabung nano karbon penting dalam menjaga pertumbuhan tenaga komputer, sehingga akan memungkinkan Hukum Moore berlanjut.

2. Peralatan Diagnostik Medis yang Lebih Cepat dan Akurat

Penerapan Nano Teknologi Di Alat Medis

Dengan adanya teknologi lab-on-a-chip yang memungkinkan pengujian di tempat perawatan secara real-time, maka nano teknologi akan membantu untuk mempercepat pemberian layanan medis. Selain itu, permukaan material nano pada implanini juga meningkatkan ketahanan terhadap keausan dan infeksi.

3. Peningkatan Produk Farmasi

Sel Kanker

Penggunaan nanopartikel kedalam produk farmasi tentu saja akan membuatnya jauh lebih mudah untuk diserap oleh tubuh dan lebih mudah disalurkan, seringkali melalui adanya kombinasi perangkat medis. Nanopartikel ini juga dapat mengantarkan obat kemoterapi ke sel tertentu, ini sama seperti sel kanker.

4. Peningkatan Kualitas Air

Filter air yang lebarnya hanya 15-20 nanometer akan dapat menghilangkan partikel berukuran nano, termasuk hampir semua virus dan bakteri. Sistem pengolahan air portabel yang hemat biaya ini adalah hal yang sangat ideal untuk meningkatkan kualitas air minum di beberapa negara-negara berkembang.

5. Mengurangi Paparan Sinar UV

Kebanyakan tabir surya terbuat dari nanopartikel agar menyerap cahaya, termasuk sinar ultraviolet yang lebih berbahaya. Mereka juga lebih mudah menyebar melalui kulit. Partikel nano ini digunakan dalam kemasan makanan untuk mengurangi paparan sinar UV dan memperpanjang umur simpan makanan.

6. Peningkatan Umur Simpan Botol Plastik

Ada banyak sekali botol minuman terbuat dari plastik yang mengandung nanoclays, yang meningkatkan ketahanan terhadap perembesan oksigen, karbon dioksida, dan kelembapan. Ini juga akan membantu mempertahankan karbonasi dan tekanan serta meningkatkan umur simpan beberapa bulan.

Itulah ulasan cara Nano Teknologi mempengaruhi kehidupan kita ini. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Open Comments

Posting Komentar untuk "Cara Nano Teknologi Mempengaruhi Kehidupan Kita"